Bagi-bagi Pengalaman

PERMASALAHAN PENGAJARAN




Guru merupakan salah-satu faktor pendukung tercapainya tujuan pendidikan Nasional. Tanpa sosok seorang guru mustahil rasanya tujuan pendidikan Nasional dapat tercapai. Akan tetapi dalam kenyataanya banyak sekali permasalahan-permasalan yang kerap terjadi dalam pengajaran.
Permasalahan dalam pengajaran kerap sekali dihadapi oleh setiap Guru, tidak hanya oleh saya selaku Guru magang tapi permasalahan itu juga dapat dialami oleh para Guru yang notabene sudah lama mengajar (baik PNS maupun Non PNS). Permasalahan dalam pengajaran sangatlah beragam, bisa dari faktor intrinsik maupun ekstrinsik.
1.         Intrinsik
Permasalahan ini berkaitan dengan diri seorang Guru, baik kemampuannya terhadap materi ajaran maupun keadaan ataupun permasalahan diluar sekolah.
2.         Ekstrinsik
Permasalahan ini berkaitan dengan faktor dari luar, yakni keadaan kelas atau sekolah yang tidak kondusif, sarana dan prasarana yang kurang lengkap, keadaan kelas yang kurang nyaman dan banyak lagi yang lainnya.


 Hal-hal  diatas dapat diatasi dengan cara:
1)      Kita menguasai tugas dengan sebaik-baiknya agar kita mempunyai kompetensi.
2)      Meningkatkan penguasaan profesi yang dijalankan.
3)      Cara kerja harus efektif dan efisien.
4)      Hasil kerja sesuai dengan yang diharapkan oleh pemakai atau yang memanfaatkannya.   (bahkan harus diusahakan lebih baik lagi).
5)      Tanggungjawab terhadap dampak pekerjaan kita terhadap kehidupan orang lain.
Dalam pelaksanaan tugas tidak boleh melanggar hak orang lain, lembaga lain atau hak Negara. Jadi kalau pelaksanaan profesi melanggar pihak ketiga, ia harus berhenti. Hak pihak ketiga adalah batas bagi hak untuk menjalankan sebuah usaha. Tuntutan etika profesi dalam sebuah tanggungjawab adalah dalam segala usaha bertindaklah sedemikian rupa, sehingga akibat-akibat tindakan itu tidak merusak atau membahayakan, mengurangi mutu kehidupan manusia dalam lingkungannya baik kehidupan masa kini atau generasi mendatang.
Segala bentuk permasalahan dalam pengajaran khususnya, dapat diselesaikan dengan sikaf profesionaldan bertanggung jawab, hal tersebut sesuai dengan yang termaktub dalam pembelajaran EtikaProfesi Guru.


0 Komentar untuk "PERMASALAHAN PENGAJARAN"

Back To Top