Bagi-bagi Pengalaman

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI

1. Judul
: ………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………. …………………………………… (isikan titik-titik dengan judul penelitian)

2. Latar Belakang Masalah
Penelitian dilakukan untuk menjawab keingintahuan peneliti untuk mengungkapkan suatu gejala/konsep/dugaan atau menerapkannya untuk suatu tujuan. Kemukakan hal-hal yang mendorong atau argumentasi pentingnya dilakukan penelitian. Uraikan proses dalam mengidentifikasikan masalah penelitian.

3. Perumusan Masalah
Rumuskan dengan jelas permasalahan yang ingin diteliti. Uraikan pendekatan dan konsep untuk menjawab masalah yang diteliti, hipotesis yang akan diuji atau dugaan yang akan dibuktikan. Uraian perumusan masalah tidak harus dalam bentuk kalimat tanya.

4. Batasan Masalah
Jelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian.

5. Landasan Teori / Tinjauan Pustaka
Usahakan pustaka terbaru, relevan, dan asli dari jurnal ilmiah. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian yang akan dilakukan. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari acuan, yang dijadikan landasan untuk melakukan penelitian yang diusulkan. Uraian dalam Tinjauan Pustaka menjadi landasan untuk menyusun kerangka atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian. Tinjauan Pustaka mengacu pada Daftar Pustaka.

6. Tujuan Penelitian
Berikan pernyataan singkat mengenai tujuan penelitian. Penelitian dapat bertujuan menjajaki, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep atau dugaan, membuat suatu prototipe, atau mengembangkan suatu sistem.

7. Manfaat Penelitian
Sebutkan manfaat hasil penelitian pada pengembangan ipteks, pembangunan, dan/atau kelembagaan.

8. Metode Penelitian
Uraikan metode yang digunakan dalam penelitian secara rinci. Uraian dapat meliputi peubah dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data, cara penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Untuk penelitian yang menggunakan metode kualitatif, dapat dijelaskan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan dan analisis informasi, proses penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

9. Sistematika Penulisan Laporan
Tuliskan sistematika laporan skripsi yang akan disusun sesuai dengan format yang ditetapkan di Institusi / Lembaga..

10. Jadwal Pelaksanaan Penelitian
Buatlah jadwal kegiatan penelitian yang meliputi kegiatan persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian dalam bentuk bar-chart. Jadwal pelaksanaan mengacu pada Metode Penelitian.

11. Daftar Pustaka
Gunakan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan/buku, kota, dan nama jurnal atau penerbit.

Tag : Proposal
0 Komentar untuk "SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI"

Back To Top